Pulau Tikus : Wisata Bahari Yang Menawan Hati

 
Indahnya Pemandangan Pulau Tikus (Dokumentasi Pribadi)

Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi bagian Barat indonesia yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Oleh karenanya, kawasan ini begitu dekat dengan lautan luas. Bengkulu sendiri memiliki beberapa pulau terluar yang begitu eksotik. Salah satunya adalah Pulau tikus. Disebut Pulau Tikus lantaran bentuknya mirip tikus apabila dipandang jauh dari kawasan pesisir pantai Bengkulu. Siapa sangka, pulau dengan luas sekitar 1,5 hektar ini memiliki pesona keindahan laut yang menawan. Habitat terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya semakin memberikan nilai plus dari Pulau ini. Bak harta karun yang terselubung dan menanti untuk ditemukan seolah telah membuat Pulau Tikus menjadi salah satu wisata bahari yang mesti dicari dan wajib dikunjungi.

Pasirnya putih, birunya laut dipadu dengan burung yang beterbangan riang dijamin akan menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan. Pulau ini memang tidak berpenghuni, sehingga terasa masih asri. Namun, sesekali pihak Kementerian Perhubungan meminta staff untuk memantau kondisi kondisi Pulau Tikus secara bertahap dan berkesinambungan. Tak heran, bila kawasan ini menjadi salah satu destinasi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Baik untuk sekadar menikmati keindangan laut, snorkling melihat terumbu karang maupun untuk memancing.  

Pulau Tikus yang menawan )Dokumentasi Tim)
Salah satu teman dengan gaya Eksis dan narsis (Dokumentasi Pribadi)
Bahkan bila beruntung, kita dapat menyaksikan penyu dan kura-kura untuk bertelur. Karena beragam biota laut seperti ikan, udang dan lain sebagainya dapat ditemukan di perairan lautnya yang dangkal. Disini, kita bisa melihat secara langsung ekosistem laut yang rupawan. Beragam ikan warna-warni yang lucu seperti clown fish atau yang sering disebut ikan badut dapat ditemukan disini. Ombaknya tenang serta terdapat ceruk di bibir pantai sehingga menyebabkan pinggir pantai terasa dangkal.
Bila hendak menuju Pulai ini, ada alternatif berupa 2 jalur penyeberangan yang dapat dilewati untuk menuju kesana. Pertama adalah dari Pulau Baai dan yang kedua berasal dari pesisir Pantai Tapak Paderi. 
Perjalanan Seru yang tak terlupakan (Dokumentasi Pribadi)
Bila hendak ke Pulau ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan diantaranya menggunakan speed boat maupun kapal nelayan yang bisa disewa oleh beberapa orang untuk menuju kesana. Namun, jangan khawatir, kita dengan mudah dapat memanfaatkan beberapa jasa tour yang menyediakan paket wisata ke Pulau Tikus dengan harga yang terjangkau. Tawaran harga untuk satu paket berkisar antara 100K hingga 250K perorang. Harga tersebut sudah termasuk perjalanan PP, plus perlengkapan snorkling dan sebungkus roti serta teh yang dihidangkan pada saat kita telah sampai di Pulau Tikus. 
Rata-rata kapal yang digunakan adalah kapal nelayan dengan kapasitas penumpang mencapai 10-15 orang. Sensasi menuju ke Pulau Tikus benar-benar tidak akan terlupakan. Kita seolah akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang luar biasa. Serta gerakan kapal yang mengikuti ombak membuat kita serasa terombang-ambing. Cipratan air laut sesekali mengenai kita. Dengan jarak sekitar 9-10 Km dari Pesisir Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu, jarak tempuh menggunakan kapal menuju kesana diperkirakan sekitar 45 menit hingga 1 jam. 
Wow melihat Terumbu Karang Bersama (Dokumentasi Tim)
Ikannya Lalu Lalang euy (Dokumentasi Tim)
Menikmati Air Pantai dan Pasir Putihnya (Dokumentasi Pribadi)
Rasa letih perjalanan rasanya akan terbayar tatkala kita sudah menginjakkan kaki di Pulau berpasir putih ini. Angin laut dan pemandangan biru yang jernih menjadi pesona yang benar-benar memikat hati. Bila ingin menikmati pemandangan laut secara sempurna, kita bisa menaiki tangga menuju mercusuar. Disanalah kita bisa melihat laut sejauh mata memandang. Kalian yang suka traveling sembari menikmati pesona dan ekosistem laut, rasanya perlu memasukkan pulau tikus sebagai salah satu daftar tujuan wisata selanjutnya.

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)