Rafflesia Arnoldi : Simbol Kekayaan Alam Bengkulu


 Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu tumbuhan parasit obligat yang ukuran bunganya termasuk terbesar di dunia. Nama Rafflesia Arnoldi sendiri diambil dari nama orang Belanda bernama Dr. Joseph Arnold yang mengikuti ekspedisi bersama Thomas Stamford Raffles pada tahun 1818. Saat itu ekspedisi dilakukan di hutan tropis Bengkulu di Pulau Sumatera. Karena ditemukan di Bengkulu, bunga ini menjadi keistimewaan Bengkulu. Hingga kini dijadikan sebagai icon Provinsi Bengkulu. Oleh karena itu, Bengkulu pun akhirnya dikenal sebagai Bumi Rafflesia. 

Perlu diketahui, bunga ini termasuk puspa langka yang perlu dilindungi. Sebagai puspa langka, bunga ini juga tergolong unik karena tidak memiliki daun, akar dan batang. Karena tidak memiliki daun, maka bunga ini tidak dapat berfotosintesis layaknya tumbuhan pada umumnya. Ia hanya hidup menumpang pada inang untuk bertahan hidup sembari mengambil sari makanannya. Ukuran bunganya sendiri diperkirakan mencapai 70 -100 cm dengan tinggi sekitar 50 cm dan berat 10-11 kg.  
Penulis dan Bunga Rafflesia Arnoldi
Karakteristik bunga nya lebar dan hanya memiliki 5 mahkota bunga. Bila dilihat, mahkota bunganya bewarna orange kemerahan dengan bintik-bintik seperti krim warna putih. Bunga ini pun menimbulkan bau yang kurang sedap. Yang cukup unik, bunga ini tumbuh di waktu-waktu tertentu dan  mekar hanya dalam kurun waktu lebih kurang seminggu saja. Tak jarang banyak wisatawan yang berburu untuk menyaksikan keindangan bunga ini saat mekar. Bila ingin menikmatinya, kita bisa langsung  datang ke Bengkulu.

#SAHABATGOLD#pesonabungaSAHABAT @sahabatgold

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)