6 Aktivitas Penting Yang Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan

 

sumber : kompasiana.com

Kesehatan adalah hal penting bagi manusia. Kesehatan menjadi kunci agar manusia dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Tubuh yang sehat akan membuat manusia mudah bergerak dan bekerja. Nah, berikut ini adalah aktivitas rutin yang dapat kita lakukan, sebagai upaya menjaga kesehatan dalam keseharian kita. Yuk, simak ulasannya berikut:

Cuci Tangan

sumber : alodokter.com

Selain menggunakan masker, salah satu hal lain yang penting dilakukan dalam menjalankan protokol kesehatan adalah mencuci tangan. Cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir dapat menghilangkan kuman di kedua telapak tangan terutama di bawah kuku jari. Nah, kapan saja sih sebenarnya kita perlu mencuci tangan? Nah, selalu cuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir pada saat keadaan berikut :

Sebelum makan;

Sesudah melakukan kegiatan (olahraga, memegang uang, memegang binatang, berkebun dll dan memegang sarana umum seperti bus, gagang pintu dll

Sesudah buang air besar (BAB) dan buang air kecil BAK

Nah, ketika membuang air sendiri, etika dan aturan yang harus diperhatikan antara lain harus dijamban,  dan tidak disembarang tempat, misal di sungai. Hal ini dilakukan agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Lingkungan yang tidak bersih dan berbau bisa mendatangkan lalat yang membawa kuman penyebab diare tifus juga cacingan.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

sumber : solusibuattack.com

Untuk menjaga lingkungan tetap bersih, hal lain yang perlu dilakukan agar lingkungan sehat adalah membuang sampah pada tempatnya. Sampah adalah sarang kuman dan bakteri. Mmebuang sampah pada tempatnya menghindari tubuh supaya tidak tertular penuakit, juga menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Sampah dibedakan menjadi 3 jenis

Sampah anorganik/kering : sampah yang tidak dapat mengalami pembusukan secara alami. Contoh : plastik, logam, besik, botol dll

Sampah organik : sampah yang mengalami pembusukan secara alami. Contoh : sayur, sisa buah dll

Sampah berbahaya adalah sampah yang berasal dari baterai, botol racun atau jarum suntik.

 

Memeriksa Jentik Nyamuk

sumber : lpminvest.com

Perhatikan lingkungan dan selalu periksa apakah ada jentik nyamuk yang biasanya ada du bak mandi, pot bunga, kaleng bekas, belakang kulkas dan tempat yang bisa menampung air minimal satu kali seminggu agar terindar dari penyakit yang disebabkan oleh jentik nyamuk. Jika menemukan jentik nyamuk beritahu guru atau orang tua.Tujuannya agar segera dapat dibersihkan dan tidak menganggu lingkungan sekitar.

 

Tidak Merokok

sumber : Alodokter.com

Salah satu rutinitas hidup sehat lain yang tak kalah penting adalah menjaga diri agar tidak merokok.  Sebatang rokok mengandung sekitar 4000 bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh dan 43 bahan diantaranya terbukti dapat menyebabkan kanker. Nah, ada dua kategori perokok yaitu :

Perokok pasif adalah orang yang bukan perokok tetapi menghisap rokok orang lain atau berada dalam ruangan tertutup dengan orang yang sedang merokok. Akibat yang diderita bisa lebih berbahaya dari perokok aktif karena tidak adanya kekebalan tubuh perokok pasif saat racun asap rokok masuk ke dalam tubuh. 

Sedangkan perokok aktif adalag oran-orang yang menghisap rokok secara rutin. Nah, bisa terbayang bukan bagaimana tidak nyamannya, ruangan dan udara ketika aktivitas merokok justru dapat merugikan kesehatan orang lain.


Olahraga Secara Rutin

sumber : alodokter.com

Berolahraga menjadi sarana dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Ada anjuran untuk melakukan olahraga rutin maksimal 30 menit setiap hari. Tujuannya agar badan terasa lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Banyak olahraga yang bisa dilakukan, seperti : lari, sepeda, berenang dan lain-lain.


Makan-makanan Bergizi

sumber : kompas.com

Memakan makanan bergizi seperti sayur dan buah akan memberikan nutrisi dan imun pada tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh tidak mudah terserang penyakit. Makan dengan mengedepankan gizi seimbang secara wajar dan bijak.

Nah, beberapa hal di atas dapat kita biasakan sejak saat ini agar pola hidup dapat menjadi lebih baik lagi di masa depan.

 

Sehat Itu pilihan, pilih gaya hidup Untuk Hidup Yang lebih Baik.

 

Sumber : Disarikan dari Buku saku “Sehat Dimulai Sejak Kandungan Hingga Tutup Usia”

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)