Beragam Makna Di balik Motif Batik Di indonesia



Kalau orang disuruh menulis, sudah hampir dipastikan, seseorang akan menulis sesuatu yang menurutnya menarik dan bisa dibaca. Sama halnya ketika para pengrajin atau designer merancang motif batik di atas kain. Mereka pun rupa-rupanya menulis dan bercerita. Motif batik yang dihasilkan tidak hanya bentuk ukir-ukiran yang indah saja, melainkan memiliki cerita yang mengandung makna. Terlebih dalam tradisi jawa, seni dan motif batik mengandung falsasah yang banyak digunakan sebagai pegangan hidup. 
Motif Parang Barong 


Misalnya saja motif parang barong yang banyak digunakan dalam upacara dan kegiatan sakral. Motif ini dulunya sering digunakan oleh raja-raja karena melambangkan senjata dan kekuasaan. Bahkan dipercaya, ketika seorang ksatria menggunakan motif jenis ini, maka kekuatannya dapat bertambah besar. Ada lagi motif batik ukel yang sering digunakan oleh pihak keluarga kerajaan. Motif ini digambarkan memiliki kewibawaan yang besar. Di daerah Bengkulu misalnya, motif kaligrafi yang tergambar di batik memang tidak dapat dibaca,namun lebih dari itu, perpaduan motif batik dengan motif Rafflesia misalnya mengandung makna dan simbol yang mencirikan bunga raflesia sebagai icon dari Kota Bengkulu. 

Motif Batik Ukel 

(nisyacin.blogdetik.com)
Di Solo dan Yogya pun demikian, ada motif yang dikenal sebagai motif semen. Motif ini umumnya memiliki falsalah dalam istilah jawanya. Orang yang menggunakan motif ini biasanya memiliki harta yang melimpah lantaran dalam prosesnya memerlukan dana yang tidak sedikit karena motif yang dibuat lumayan sulit serta proses pengerjaanya pun dilakukan hingga dua kali. Tidak hanya itu saja, selain motif batik, warna yang ada pada kain batik pun rupanya mengandung makna. Warna digambarkan sebagai sarana komunikasi antara si pemakai dengan seseorang yang melihatnya. Ambil contoh warna coklat misalnya, warna ini mengandung arti kesederhanaan dan dianggap dapat menimbulkan rasa rendah hati bagi si pemiliknya. 

Motif Semen 


Ada pula warna biru tua. Warna ini mengandung makna kelembutan, rasa welas asih dan kasih sayang dari si pemakainya. Sedangkan untuk warna putih, digambarkan sebagai warna yang menggambarkan kesucian, sifat pemaaf serta rasa ketenteraman hati dari pemiliknya. Motif batik dengan kain dasar putih ini umumnya sering digunakan oleh para pengantin. Hal ini dimaksudkan agar dalam menjalani kehidupan, si pengantin akan selalu tercurahi rasa kasih sayang.Warna lain yang tak kalah menariknya ialah hitam. 

Meski hitam seringkali diidentikkan sebagai warna dengan aura negatif. Namun dalam batik, warna hitam justru menggambarkan rasa percaya diri, kewibawaan serta keberanian. Warna hitam dianggap pula sebagai warna perlambang sikap tenggang rasa. Tidak heran dalam motif batik, warna ini sering digunakan sebagai dasar motif keanekaragaman kehidupan. Dari sini, kita bisa belajar, bahwa cerita dari motif dan kandungan warna kain batik rupanya bertujuan agar pemakainya memiliki sifat yang sama dengan makna yang dilambangkan.

9 komentar

  1. Motif parang barong sekarang sering dipadu padankan dengan kebaya kutu baru kalo kondangan, ga nyangka dulunya sering dipake raja-raja dan punya arti kekuasaan.

    BalasHapus
  2. Gitu ya, ternyata tiap batik punya makna masing-masing

    BalasHapus
  3. Batik, kekayaan budaya Indonesia yang mulai mendunia.

    BalasHapus
  4. Keren nih tulisannya, aku jadi tahu makna motif2 batik yanga ada ^^

    BalasHapus
  5. Sejarah membuktikan bahwa raja raja terdahulu sering memberi nasihat, kalimat bijak atau pesan lewat hadiah benda yang berukir, bertulis dan berlambang.
    Jika batik besurek juga demikian maka itu suatu cara untuk mengenang sejarah dan budaya

    BalasHapus
  6. wah, batik memg penuh filosofi ya Mbk... jujur, aku sgt suka dan kagum dgn motif parang Mbk... cenderung simple tp elegant menurutku 😊

    BalasHapus
  7. Batik emang keren2 mbak, saya suka motif relung paku. Motif lainnya suka jg sih

    BalasHapus
  8. Indonesia memang kaya Ama motif batik. Semua daerah punya ciri khas. Batik besurek warnanya jreeng dan motifnya khas ya.

    BalasHapus
  9. batik memang banyak sekali ya maknanya baik pada motof, warna bahkan pada jenisnya

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)