Pemanfaatan Kain Perca Batik Bisa bikin produk tampil menarik



Saat ini, berbagai wacana telah mengusung batik sebagai bentuk warisan budaya. Hal ini sejalan dengan pengakuan UNESCO PBB di tahun 2009 yang telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya. Dari situ berbagai varian produk batik mulai banyak dihasilkan oleh beragam sentra industri dari skala kecil, menengah hingga besar. Bahkan saat ini, kita semua bisa melihat batik tidak lagi ditemukan dalam situasi formal, melainkan sudah menjelma ke dalam produk seperti kaos, sandal batik, tas batik, topi batik hingga pernak-pernik yang segalany berciri khaskan batik.

Namun, tahukah kalian, bahwa sisa kain batik yang telah digunakan ternyata dapat kembali dimanfaatkan. 

Barangkali kita bisa menyebutnya daur ulang sederhana tanpa pengolahan teknis dan sejenisnya. Daur ulang disini lebih memfokuskan pada sisa-sisa kain batik yang tidak lagi terpakai namun dapat dialih fungsikan pemakaiannya. Berikut pemanfaatan sisa kain bekas batik yang banyak disebut perca ini diberdayaguna :

  1. Umumnya kain perca sebagai sisa hasil pembuatan batik dapat kalian manfaatkan untuk membuat isi bantal. Selama ini dacron sebagai salah satu bahan isi dari bantal dapat digantikan dengan sisa kain perca batik. Ketimbang menjadi limbah yang tak berguna, tak ada salahnya bisa dicoba. Caranya pun sangat sederhana. Memasukkan kain perca batik ke dalam sarung bantal yang akan digunakan. Barangkali secukupnya saja agar tidak memberikan kesan berlebihan pada bantal. Bila dirasa cukup pun kalian bisa menjahitnya sendiri ataupun meminta bantu kepada penjahit untuk menjahitkan bantalnya agar terlihat lebih rapi 
  2. Selanjutnya, disamping untuk bantal,kain perca batik pun dapat dimanfaatkan untuk membuat tas modis. Tak percaya? Coba kalian lihat saat ini, berbagai bentuk tas gaya dengan beragam corak dan pilihan warna pun merupakan perpaduan dari berbagai jenis kain perca yang tidak dimanfaatkan sempurna, lantas dijahit rapid an jadilah tas batik yang dijual dimana-mana. Bahkan sebenarnya ini bisa menjadi salah satu celah bisnis bagi kalian yang hendak berwirausaha. Hingga saat ini hasilnya pun menarik hati dan masih banyak diminati. 
  3. Kain perca batik pun bisa digunakan pula untuk baju boneka baik ukuran besar ataupun keciL. Di beberapa tempat, kain perca batik pun dimanfaatkan untuk baju Barbie dan boneka tambun sekelas teddy bear. Warna yang unik dengan beragam perpaduan corak dipastikan menjadi ciri khas tersendiri.
  4. Tentunya masih banyak contoh lainnya bila kalian ingin memanfaatkan kain perca agar lebih bermanfaat dan tidak menyisakan limbah yang berdampak panjang bagi lingkungan.

Semoga Bermanfaat !

11 komentar

  1. dibuat bros lucu juga ya...

    BalasHapus
  2. Wah iya ya Mbk... Batik Indonesia mmg kece punya.. apalgi dikembangkan dan dikreasikan oleh tangan kreatif. makin kece deehhh 😊

    BalasHapus
  3. Asal kreatif, barang yang dianggap 'limbah' bisa jadi sesuatu yang berharga :)

    BalasHapus
  4. bagusnya memang kian perca dimanfaatkan, apalagi kalau percanya batik, keren tuh pasti

    BalasHapus
  5. Dari pada di buang jadi sampah, emang bagusnya di manfaatin ya sisa sisa jahitan batik ini..

    BalasHapus
  6. di bikin tas manta tuhh, bisa di jual kan yaaa..

    BalasHapus
  7. Semakin kreatif aja ya people zaman now, kreasi dari batik pasti keren2 nih... sisa-sisa jahitan bermanfaat juga, jadi gak ada mubazir dehh...

    BalasHapus
  8. Demi bumi kita, daur ulang harus ditanamkan dari diri kita sendiri..

    BalasHapus
  9. Waa keren yaa, btw aku jg pernah beli baju dari perca batik

    BalasHapus
  10. Ide yg menarik , harus diajarkan ini kepada ibu ibu kyk saya yang banyak nganggurnya, hahahaha

    BalasHapus
  11. Pernah liat ada teman manfaatkan kain ini buat jadi Bros jilbab, hasilnya bagus juga

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)