Puisi adalah....

Pixabay.com
Puisi adalah....
Upaya untuk mencintai warisan Leluhur 
Cara kita untuk melestarikan budaya lokal
Dengannya mampu membuat kita memperhalus budi dan akhlak
Serta merayu kekasih hati
karya yang membuat penulisnya mampu menjadi terkenal
Hingga tulisan yang multitafsir dan dimaknai secara universal


Puisi itu....
Langkah kita dalam mengungkapkan perasaan lewat tulisan
Dari apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan yang menjadi khayalanCerita 
yang didalamnya dapat menyangkut saudara, cinta, tentang dosa-dosa, keagungan Tuhan serta mimpi-mimpi bahkan nasionalisme
 
Pixabay.com

Dan masih banyak sederet definisi mengenai puisi yang dapat kita tulis disini.
Namun pada intinya, ketika menulis puisi hal yang dibangun ialah komunikasi antar penulis dan pembacara
Kita perlu menemukan gaya puisi sesuai dengan tokoh yang ada pada puisi itu sendiri
Penulis bukan guru dan jangan mendikte pembacaSebaiknya tidak menyembunyikan maksud
Tidak terlampau akrobatik kata-kata
Diantara gelap dan terang maknanya

Saripati dari sang narasumber Pak Jayuis
 #salam literasi 
#pangkalansastra

5 komentar

  1. Salam literasi kak :) kereeeen

    BalasHapus
  2. sesuatu yang masih agak giman gitu untuk aku mengerti ehheheheee...puisi oh puisi

    BalasHapus
  3. Aku udah yakin banget kalo Mbak Ika bikin sajak pasti bagus... hehehe orang sosial yang ahli nyajak nih... keren Mbak !! Minggu ini kita Pangkalan Sastra lagi yawhh ^^

    BalasHapus
  4. Udah lama ga nulis puisi, jadi ingin nulis juga

    BalasHapus
  5. Nulis puisi itu butuh konsentrasi ya, ini gimana diganggu Ama anak melulu, ga jadi puisi romen

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)