Etika Berkomunikasi Dengan Dosen Melalui Handphone


Hallo sobat berandaksara semua

Apa kabarnya? Saya berharap semuanya sehat dan baik ya.

Kali ini saya ingin berbagai sedikit mengenai tata cara berkomunikasi dengan dosen melalui handphone. Mengapa ini penting? Meski terbilang sederhana, namun punya dampak besar loh terhadap cara pandang dosen dalam melihat personality kita. Kalau bahasa dan pesan yang kita sampaikan nyaman dan enak, tentulah sang dosen pun akan enak membaca, bahkan tidak menutup kemungkinan akan membalas pesan tersebut. Tapi coba deh bayangkan, kalau pesan yang kita buat kurang baik, terkesan tidak sopan dan mendikte sang dosen. Sudah pasti akan membuat sang dosen underestimated sama kita dan berujung pada pesan yang tidak dibalas. Ada nih cerita, berdasarkan pengalaman dari bapak/ibu dosen bahwa ada mahasiswa yang kalau mengirim pesan itu belum menjunjung tinggi sopan santun. Terkadang tanpa diawali dengan salam, identitas dan lain-lain. Misal :

“Selamat siang, Bapak apakah ada di Jurusan ?”
“ Ibu dimana, saya mau mau bertemu?”

Untuk contoh kalimat pertama dan kedua, maksud dan tujuan si pengirim sama sekali tidak jelas. Apa maksudnya bertanya keberadaan sang dosen. Serta tidak menyebutkan identitas dan tujuan secara jelas. Nah, oleh karena itu, simak yuk bagaimana sih cara menghubungi dosen yang baik dan benar !


Kuliah, Dosen, Pria, Profesi, Pekerjaan
sumber : pixabay.com
Pertama, perhatikan waktu
Jam Saku, Waktu, Pasir, Jam, Jam Wajah
sumber : pixabay.com
Nah sobat beranda semua, ketika hendak menghubungi dosen coba perhatikan waktu. Sebaiknya nih, jangan menghubungi dosen di waktu-waktu istirahat dan ibadah. Seperti waktu solat, jam istirahat makan siang. Jangan juga menghubungi dosen di waktu beristirahat malam. Umumnya, pukul 20.00 adalah batas waktu aktivitas menjelang seseorang beristirahat. Lebih baik menghubungi pada saat jam kerja.

Kedua, gunakan sapaan salam
Bagi kita semua, ucapan salam lazimnya sudah menjadi budaya sopan santun. Meskipun melalui handphone, sebaiknya kita juga mengawali pembicaraan dengan ucapan salam seperti : selamat pagi, selamat siang ataupun assalammualaikum (ketika kedua belah pihak sama-sama muslim).

Ketiga, ucapkan kata maaf
Pena, Menulis, Maaf, Permisi
sumber : pixabay.com
Nah, ucapan kata maaf ini merupakan salah satu upaya yang menunjukkan kerendahan hati kita, serta bentuk sopan santun. Kita juga tidak tahu sang dosen tengah melakukan aktivitas apa. Jangan-jangan memang sedang sibuk dan sebagainya. Tak ada salahnya kita mengucapkan " mohon maaf menganggu waktunya, Pak/Bu".

Keempat, sampaikan identitas diri
Nah, mahasiswa bimbingan dosen kan banyak tuh. Jadi sebaiknya, kita mengawali dengan mengucapkan identitas diri kita, mulai dari nama dan angkatan serta jurusan. Karena tidak semua mahasiwa tentu bisa dihapalkan oleh sang dosen. Contoh kalimatnya nih : Saya Dimas Ario Nugraha, Jurusan Sosiologi, semester 6.

Kelima, gunakan tata bahasa yang baik dan benar
Nah, ketika kita berkomunikasi dengan dosen nih, jangan samakan ketika kita berbincang dengan teman sebaya. Gunakan ejaan dan tanda baca yang benar, jangan menyingkat tulisan. misalnya : aku, kmu, y dan lain sebagainya.

Keenam, utarakan tujuan
Ketika mengutarakan tujuan, gunakan bahasa yang singkat padat dan jelas. Misalnya : "saya bermaksud untuk melakukan konsultasi dan bimbingan dengan Bapak/Ibu. Kapan kiranya saya bisa menemui Bapak/Ibu".

Ketujuh, akhiri dengan ucapan terimakasih dan salam
Terima Kasih, Kartu, Pesan, Catatan
sumber : pixabay.com
Nah, ketika kita sudah menyampaikan maksud dan tujuan, jangan lupa kita mengucapkan terimakasih dan salam sebagai penutup pesan.

contoh pesannya dapat dilihat sebagai berikut :

"Assalammualaikum Pak/Bu
Mohon maaf menganggu waktunya, perkenalkan saya Melati sukma, mahasiswa jurusan hukum, semester 8. Saya ingin melakukn konsultasi dan bimbingan mengenai proposal skripsi saya. Kapan kiranya Bapak ada waktu, saya akan menemui Bapak untuk melakukan bimbingan. Terimakasih sebelumnya."

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)