Wajah Baru Omah Lowo, Solo : Dari Seram Kini Bikin Nyaman

 

sumber : rri.co.id

Selain menikmati kulinernya, mengunjungi Solo akan bertambah lengkap Ketika berkunjung ke Omah Lowo. Mengapa demikian? Hal ini karena omah lowo saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik karena disana memiliki sejarah panjang serta telah bertransformasi menjadi Rumah Heritage Istana Batik Keris. Saat ini, di kawasan tersebut terdisplay berbagai jenis batik produk UMKM Solo maupun batik keluaran langsung dari Batik Keris. Bangunan yang disinyalir didirikan pada tahun 1920an ini memiliki seni dan arsitektur Eropa. Bangunan tersebut pernah dijadikan hunian oleh bangsawan di masa penjajahan belanda. Dulunya, kawasan seluas 4000 meter ini menjadi Kawasan yang terkesan menyeramkan dan angker. Saat aku tinggal di Solo 10 tahun silam, setiap kali melewati Kawasan tersebut, terlihat banyak lowo atau kelewar yang tinggal. Menurut beberapa situs yang kubaca serta penjelasan dari pemandu yang ada di Omah Lowo sendiri bahwa omah lowo merupakan bangunan  peninggalan Belanda di abad ke 19. Kemudian di tahun 1945, bangunan tersebut beralih kepemilikan dan dihuni oleh Saudagar Kaya yang memiliki perkebunan serta pabrik es terbesar di Solo Raya, Sie Djian Ho. 


sumber : skyscrapecitysolo

Omah tersebut sempat tidak terurus kemudian kemudian direvitalisasi oleh Keluarga Hadianto Tjokrosaputro, yang merupakan keturunan dari Sie Djian Ho pada tahun 2016. Merevitalisasi bangunan yang sudah cukup lama ditinggalkan tentu saja bukan perkara mudah. Untuk tetap menjaga keaslian dari bangunan, proses revitalisasi mengandeng berbagai pihak yang berpengalaman. Bahkan GPH Paundrakarna yang merupakan bagian dari Mangkunegaran turut andil dengan memberikan sentuhan berkonsep art deco dan art nuvo, yang merupakan gaya desain arsitektur yang bersifat dekoratif modern. Kemudian, ada ahli khusus yang terlibat dalam proses pengusiran kelelawar agar tidak dapat kembali lagi ke rumah tersebut. Peresmian Rumah Heritage Istana Batik Keris dilangsungkan bertepatan pada hari batik nasional, yakni pada 2 Oktober 2020 silam. Terus terang, aku cukup takjub Ketika berkunjung ke lokasi tersebut. Kita benar-benar akan dimanjakan dengan desain Interior, seni dan arsitektur bangunan yang nyaman dan bikin betah untuk berlama-lama. Apalagi beberapa sudut memang cocok untuk diabadikan dan menjadi area yang begitu instagramable.


Desain Ruangan Yang Menawan

Ruangan Untuk Memajang Koleksi Batik

Salah Satu Sudut Ruangan di Rumah Heritage

Rumah Heritage Istana Batik Keris sendiri memiliki 3 bagian Gedung, yakni Gedung A, Gedung B dan Gedung C. Gedung-gedung tersebut memiliki fungsinya masing-masing : Gedung A digunakan sebagai tempat memajang semua koleksi batik keris premium, Gedung B digunakan untuk produk fashion hingga produk-produk UMKM, sedangkan Gedung C digunakan untuk restaurant dan kafe yang menyediakan menu nusantara dan kopi Indonesia. Untuk masuk ke Gedung A, pengunjung akan melewati Gedung B terlebih dahulu. Untuk masuk ke Gedung A, pengunjung diarahkan untuk dapat membeli salah satu barang yang ada di lokasi Gedung B. Saat itu, aku sengaja membeli dompet kecil bermotif batik seharga 25.000/dompet yang kujadikan buat tangan untuk rekan di kantor. Untuk masuk ke Rumah Heritage Istana Batik, pengunjung diwajibkan untuk  melepaskan alas kaki, tujuannya agar tidak merusak lantai Gedung tersebut. Satu persatu dari ruangan yang ada disana kusinggahi, pemandu yang ada di Gedung dengan ramah menjelaskan dan menjawab satu persatu pertanyaan dari pengunjung. Di setiap ruangan, kita akan dimanjakan dengan berbagai motif batik yang indah serta di sisi kanan kiri, terpasang gambar dan lukisan yang menarik. Bila mampir ke Solo, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Heritage Istana Batik Keris yang berlokasi di simpang empat Jalan Perintis Kemerdekaan No 1 Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dari Stasiun Purwosari. Pengunjung dapat menggunakan berbagai sarana transportasi yang tersedia dan terjangkau.

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)