UNICEF : Membangun Negeri Bersama Para Pendekar Anak


Sumber : Dokumentasi, Tahun 2022

Pada awalnya, aku sempat bingung dengan istilah pendekar anak. Ini adalah kali pertama, aku mendengarnya sebagai sapaan yang diberikan kepada para donatur pada program milik UNICEF. Saat itu, secara tidak sengaja aku melihat Stand milik UNICEF yang hadir dan berada di jalan transisi antar terminal, Bandara Soekarno Hatta. Usut punya usut, ketika itu, aku baru saja selesai dari toilet dan bergegas kembali ke ruang tunggu. Namun, secara perlahan aku didekati oleh salah seorang volunteer dari UNICEF yang berdiri tidak jauh dari stand. Volunteer tersebut lantas menyapa dengan ramah. Mas Volueenter-begitu aku menyapanya-lantas meminta waktuku sekitar 5 hingga 10 menit untuk memberikan penjelasan terkait dengan Program Pendekar Anak. Program ini diinisiasi sebagai upaya untuk menggalang dana dari para donatur dermawan yang bertujuan untuk membantu anak-anak yang membutuhkan, mulai dari aspek pendidikan, ekonomi, budaya dan sebagainya.  Tidak main-main bantuan dana yang diberikan telah menyebar kepada lebih dari 1000 anak mulai dari sabang hingga ke merauke. Anak-anak tersebut diharapkan dapat terpenuhi aspek pendidikan hingga mampu terus tumbuh dan berkembang secara optimal hingga dewasa kelak.


Sumbangan dana yang diberikan oleh para dermawan dipotong secara otomatis melalui rekening bank. Tentu saja pemotongan ini dilakukan atas dasar persetujuan dari pihak donatur. Karena telah menggunakan sistem teknologi, maka donatur diminta untuk menyampaikan kartu identitas, kemudian dilanjutkan dengan pengisian surat pernyataan dan tanda tangan dari donatur. Secara otomatis, sumbangan dari para donatur yang dilakukan dipotong setiap bulannya. Jumlah sumbangan tentu saja berbeda-beda antar satu orang dengan orang lainnya. Pada program UNICEF pun telah disediakan berbagai pilihan nominal sumbangan, mulai dari Rp 150.000,- hingga Rp 300.000,- ke atas. Semua tergantung kesepakatan yang telah dibuat di awal. Setelah melalui prosedur yang telah ditentukan, maka sebuah gelang bertuliskan Pendekar Anak diberikan oleh Mas Volunteer kepada kami, kemudian tak lupa pula diberikan tas bewrna biru muda yang memiliki multifungsi, tidak hanya untuk berbelanja, namun juga dapat digunakan untuk memuat barang berskala besar sekalipun. 






Tidak berselang lama, pihak UNICEF lantas mengirimkan surat ke alamat para donatur untuk menyampaikan program secara tertulis serta ucapan terimakasih atas keinginan dan ketulusan untuk menjadi donatur. Nah, bagi rekan-rekan sekalian yang tertarik dan ingin  menjadi bagian dalam Program Pendekar Anak, maka rekan-rekan sekalian dapat  mengklik tautan berikut ya : 

https://www.supportunicefindonesia.org/





Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)