APPSI Gelar Konferensi Nasional Sosiologi X Di Kupang

Sumber : Dokumentasi Panitia, 2023


Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APPSI) menyelenggarakan acara Konferensi Nasional X atau yang dikenal dengan sebutan KNS X pada 7-9 Juni 2023 di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Acara yang digelar selama 3 hari di Hotel Kristal tersebut bertajuk "Hubungan Masyarakat dan Elite Dalam Mewujudkan Indonesia Maju". Perhelatan tahunan tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara APSSI dengan Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) serta Universitas Nusa Cendana, Kupang. Narasumber dalam kegiatan tersebut diantaranya ialah Dr. Arie Sudjito, M.SI yang merupakan Sekjen ISI sekaligus Wakil Rektor III UGM,  Rektor Universitas Muhammadiya Kupang Dr. Zainur Wula, M.Si, Dra. Jaleswari Pramodhawardani, M.Si yang menjabat sebagai Staf Presiden RI di Deputi V serta Direktur Populi Center yakni Afrimadona, Ph.D. Kegiatan disambut dengan tari tradisional Kupang yang dibawakan oleh rekan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kupang serta Sambutan dari Ketua Panitia, Ketua APPSI hingga tuan rumah acara. 


Para Penari Pada Pembukaan KNS X
Sumber : Dokumentasi Panitia, 2023

Tajuk pada KNS X terbilang relevan dengan situasi politik Indonesia saat ini, terlebih ulasan dan analisis dari para narasumber yang menjadi pemantik hingga membuat diskusi terasa menarik. Sosiologi sebagai ilmu murni mencoba mengkaji mengenai bagaimana hubungan masyarakat dan elite akan mengalami eskalasi  serta melibatkan hubungan kekuasaan, kepentingan, stratifikasi dan pengetahuan. Terlebih hal ini berkaitan erat dengan fase tahun politik di 2023 menuju ke 2024. Secara garis besar, prinsip inklusifitas berupa langkah menempatkan semua aktor sebagai subyek yang berbasis pada kepentingan umum serta berorientasi pada keadilan menjadi kepentingan sosiologi dalam upaya mentransformasikan hubungan masyarakat serta elite.

Dokumentasi Panitia, 2023

Dokumentasi Panitia, 2023

Menjelang tengah hari, kegiatan dilanjutkan dengan adanya penandatangan kerjasama antar program studi sosiologi se-Indonesia sekaligus Pararel Session yang akan menyajikan berbagai diskusi mengenai penelitian para dosen dan mahasiswa. Pada kesempatan ini, paralel Session bertemakan beberapa hal berikut : a. Identitas, Masyarakat dan Elite dalam Pemilu Indonesia (kode: 1-HM), b. Agama dalam Hubungan Elite dan Masyarakat dalam Pembangunan (kode: 2-HM), Gender, Kesetaraan Berpolitik dan Kepentingan Publik (kode: 3-HM), Kekuasaan, Pembangunan dan Krisis Lingkungan (kode: 4-HM), Masyarakat, Adat dan Perhutanan Sosial (kode: 5-HM). 

Presentasi dalam Pararel Session
Dokumentasi Panitia, 2023


Pada pararel sesion, setiap peserta yang telah mengirimkan tulisan dan menjadi presenter, maka akan ditempatkan ke beberapa ruangan-sesuai dengan tema yang dipilih. Kegiatan Paralel Sesion diselenggarakan hingga menjelang pukul 18.00 WITA. Setelah selesai kegiatan, para tamu kemudian beristirahat serta mempersiapkan diri untuk menuju ke aula Universitas Muhammadiyah Kupang. Hal ini karena para peserta akan mengikuti Gala Dinner yang diselenggarakan oleh panitia di aula Universitas Muhammdiyah Kupang. Pada gala dinner ini, panitia mengumumkan best presenter dari kegiatan pararel Sesion di setiap ruangan yang telah berlangsung sebelumnya. Di samping itu, panitia juga mengumumkan nama-nama pemenang dari beberapa kategori Lomba yang diikuti oleh mahasiswa. Sembari menyantap makan malam, para peserta disuguhi oleh lantunan suara para penyanyi yang notabennya adalah para dosen sosiologi. Tak terasa, malam semakin larut, para peserta kembali ke hotel untuk beristirahat serta bersiap untuk melanjutkan aktivitas fieltrip keesokan harinya. 


Gala Dinner Para Peserta KNS X di Aula UMK
Sumber : Dokumentasi Pribadi, 2023

Fieldtrip yang diselenggarakan oleh panitia kali ini salah satunya ke Gedung Sasando serta ke Pantai Kelapa Lima. Tak lupa para peserta mengabadikan moment kebersamaan melalui jepretan kamera.

Para peserta Fieldtrip di Gedung Sasando, Kupang (Dokumentasi Panitia, 2023)
                                                                              

Para peserta Fieldtrip di Pantai Kelapa Lima (Dokumentasi Panitia, 2023)
  

Sampai jumpa di acara APPSI berikutnya...






Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)