Kolaborasi Antara Jasa Raharja dan Jurusan Sosiologi UNIB


Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan tinggi, sinergisitas dan kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga menjadi tuntutan yang perlu dilakukan saat ini. Hal ini sebagai upaya memberikan pengetahuan dan pengalaman baru bagi mahasiswa secara konkrit. Tidak sekadar teoritis namun juga praktis di lapangan. Selama ini, antara perguruan tinggi dan lembaga seolah berjalan masing-masing. Melalui program kolaborasi, selain dapat memunculkan kerjasama maka diharapkan dapat memunculkan inovasi  baru di masa depan. 


Salah satu kolaborasi yang dilakukan ialah Program Praktisi Mengajar. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Bengkulu dengan Jasa Raharja Bengkulu. Kerjasama telah dianungi dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara Jasa Raharja dengan Universitas Bengkulu. Kegiatan diselenggarakan dengan kehadiran dari Jasa Raharja ke ruang kelas. Pihak Jasa Raharja hadir ke ruang kelas untuk memberikan berbagai pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa mengenai pernak pernik dunia kerja serta lembaga jasa raharja itu sendiri. Secara bergantian pihak jasa raharja memberikan materi yang disimak dengan seksama oleh mahasiswa. Sesekali interaksi langsung terjadi antara mahasiswa dan praktisi melalui aktivitas tanya jawab. Pengetahuan mengenai dunia kerja dan wawasan mengenai jasa raharja itu sendiri diharapkan dapat diimplementasi dalam kehidupan mahasiswa nantinya. Kegiatan yang berdurasi sekitar 2 jam tersebut begitu dinikmati oleh rekan-rekan mahasiswa. Terlebih aktivitas kuis yang digelar oleh pihak Jasa Raharja menambah riuh suasana. Mahasiswa diminta untuk menjawab materi yang telah diberikan melalui kuis. Nantinya mahasiswa yang berhasil memperoleh nilai tinggi akan mendapatkan doorprize oleh pihak Jasa Raharja. 

Mahasiswa yang mendapatkan doorprize dari Jasa Raharja

Kedepan, aktivitas demikian diharapkan dapat terus berlangsung secara berkesinambungan. Tujuannya agar perkuliahan di kelas tidak sekadar menonjolkan pengetahuan secara teoritis semata namun dapat berinteraksi secara langsung kepada para praktisi di bidangnya. 



 

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)