Magang Mandiri MBKM : Pembelajaran Mahasiswa Secara Nyata


Magang merupakan salah satu langkah upaya pembelajaran yang  dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa. Para mahasiswa akan dilatih untuk merasakan secara langsung ritme dan nuansa dunia kerja saat berada di lokasi magang. Melalui magang mahasiswa diharapkan dapat mencapai berbagai kompetensi yang sudah ditetapkan oleh program studi dengan tujuan mencapai profil lulusan.  

Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, magang menjadi satu dari sekian pilihan skema MBKM yang ditawarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Pendidikan Tinggi. Tujuannya memberikan pengalaman belajar di luar kampus. Nah, dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, maka Jurusan Sosiologi FISIP Universitas Bengkulu menetapkan Magang Mandiri MBKM sebagai program dalam melaksanakan Kurikulum MBKM. Nantinya, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar di lembaga-lembaga mitra yang sudah bekerjasama dengan Jurusan selama lebih kurang 3-4 bulan. 



Mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan konversi nilai. Artinya mahasiswa dapat memperoleh nilai matakuliah tertentu hanya dengan mengikuti Magang MBKM yang telah ditentukan. Pada proses magang yang dilakukan, mahasiswa dapat berkoordinasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari program studi asal serta pembimbing lapangan dari institusi magang. Nantinya, mahasiswa dapat mengikuti rangkaian kegiatan sebagaimana rutinitas kerja yang dilakukan di institusi asal. 

Mahasiswa juga diminta untuk merancang kegiatan yang terwujud dalam program kerja individu. Mahasiswa pun diminta untuk dapat mempelajari dan mencari masalah untuk penelitian guna mempermudah dalam proses penyelesaian tugas akhir (skripsi). Hingga tahun 2024, Magang MBKM yang dilakukan oleh Jurusan Sosiologi telah  menjalin kerjasama dengan beberapa mitra, diantaranya : BPS Provinsi Bengkulu, BPS Kota Bengkulu, BPS Bengkulu Tengah, DPMD Bengkulu Tengah, PKBI, Yayasan Pesona, Women Crisis Center (WCC), WALHI, Yayasan PUPA, Yayasan Kanopi, AKAR Foundation, DP3AP2KB, BNN Kota Bengkulu, Dinas Sosial Kota Bengkulu, BKKBN Provinsi Bengkulu serta Desa Kelindang Atas sebagai desa mitra Jurusan Sosiologi.




Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)