Tips Mudah Mengenali Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Print

 
Proses Pembuatan Batik Tulis
Sebagai salah satu warisan budaya yang telah diakui oleh dunia, eksistensi batik kini telah berkembang seiring dengan perubahan zaman. Perkembangan tersebut meliputi : inovasi dan kreasi motif, mode fashion batik, jenis batik, bahan pembuatan batik dan lain-lain. Hingga kini, telah dikenal tiga jenis batik berdasarkan proses pembuatannya, yaitu: Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Print.  Ketiganya jelas berbeda, baik dari sisi kualitas, cara pembuatan hingga masalah harga. Untuk itu tak ada salahnya kita tahu dan mengenali secara detail tiga jenis batik yang ada, agar  memudahkan Anda untuk menyesuaikan pilihan pada baju batik yang Anda kehendaki. Berikut ciri-ciri dasar yang membedakan  ketiganya.

Pertama, dari jenis motif saja sebenarnya kita sudah bisa membedakan ketiga jenis batik tersebut. Apakah masuk ke kategori batik tulis, cap atau printing. Umumnya, batik tulis memiliki motif yang berbeda dalam satu kain, batik cap biasanya akan memiliki corak motif yang sama dalam satu kain karena proses pembuatannya sendiri menggunakan cap pada kain. Sedangkan batik print motifnya menyesuaikan. Artinya bisa sama bisa juga tidak sama. Hal ini tergantung ornament dan motif yang digunakan. Perbedaan mendasar ini berkaitan juga pada jumlah produksi. Batik tulis umumnya lebih terbatas dalam satu kali produksi dan jarang bisa dikembari karena perbedaan motif dalam kain. Sedangkan pada batik cap dan printing biasanya jumlah produksinya banyak dan akan mudah dikembari.  

Proses Pembuatan Batik Cap
Kedua,pada batik tulis, motif yang digambar dapat tembus pada kedua sisi. Motifnya pun cenderung bisa dikatakan lebih rapi karena secara telaten dikerjakan oleh tangan. Sedangkan batik cap dan batik printing ornament dan motif yang dihasilkan tidak jarang kurang rapi. Anda bisa melihat dan membuktikan sendiri,  Dari aspek lainnya, batik tulis umumnya tembus pada kedua sisi kain, sama pula dengan batik cap. Namun berbeda dengan batik printing yang hanya tampak jelas pada satu sisi kain dan tidak tembus pada sisi sebelah kain lainnya.
 
Ketiga, dari sisi pengerjaannya batik tulis akan jelas memakan waktu yang lebih lama ketimbang batik cap dan printing. Batik tulis dapat dikerjakan hingga 2-3 minggu untuk satu motif kain. Sedangkan batik cap lebih singkat karena sudah menggunakan cap yang telah memiliki motif. Sehingga motif yang telah ada tinggal di cap pada kain yang tersedia. Begitu pula dengan batik print yang menggunakan mesin print untuk batik. Karena sudah menggunakan motif yang telah dicetak pada mesin. Sehingga dari sisi kualitas dan hasil pun akan jauh berbeda. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada harga.
 
 
Proses Pembuatan Batik Print dengan mesin
 Keempat, sebagai perbandingan saja, harga jual dari sebuah batik tulis bisa berkisar antara Rp 300 ribu bahkan mencapai 10 juta untuk jenis batik tulis tertentu berukuran 1 x 2,1 meter. Sedangkan  harga batik cap berkisar antara Rp 25.000,- hingga Rp 100.000. Dan yang paling murah jelas batik printing yang harganya berkisar Rp 15.000 – Rp 40.000. Bila Anda ingin berbelanja, dari situ sebenarnya Anda sudah bisa melakukan perbandingan harga dan menyesuaikan dengan kantong budget Anda.
Nah, itu tadi beberapa langkah dalam membedakan antara Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Print.

Semoga bermanfaat !

Sumber : Disarikan dari berbagai sumber

10 komentar

  1. ternyata banyak cara bikin ukiran batik,yang sesui untuk saya,batik yang tulisan.

    BalasHapus
  2. Batik Tulis lebih mahal ya mbak, di rumah ibu saya juga banyak yang batik tulis, peninggalan almarhumah nenek.

    BalasHapus
  3. Cantik2 ya mbak hasil batiknya, jadi ingat saat belajar membatik saat SMP dulu.

    BalasHapus
  4. Makasih kak infonya, aku jadi tau bagaimana cara mengenali batik tulis...

    BalasHapus
  5. Karena ngerjain nya lama jadi batik tulia punya harga lebih tinggi ya

    BalasHapus
  6. Bermanfaat sekali. Aku sempat bingung dgn beda batik cap dan printing. Kirain sama aja. Abis baca artikel ini jadi paham bedanya

    BalasHapus
  7. Wah nice info nih. Jgn sampe gak paham yg beginian nih hehe

    BalasHapus
  8. Selama ini taunya batik aja, ga ngerti sama cara pembuatan batik. Baca artikelnya jadi paham nih, makasih mbak..

    BalasHapus
  9. terimakasih informasinya mbak, bermanfaat sekali karena banyak blm tahu tentang baik.

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)