Belajar Ngeblog Seru Bersama Naqiyyah Syam

Blog...
Nge-blog...

Ketika mendengar kata-kata itu, kira-kira, apa yang terlintas dalam pikiran kalian semua? Tempat menulis curahan hatikah, atau sekadar diary online yang memuat cerita dan dibaca sebagai selingan sembari minum kopi. Barangkali dulu persepsi ku begitu adanya. Blog cenderung diperuntukkan hanya sebagaisarana dalam menceritakan kisah ataupun curahan hati dari penulisnya. Anggapan ini muncul karena salah satunya disebabkan oleh trend tentang blog yang ditulis oleh Raditya Dika. Blog saat itu pernah booming lantaran tulisan-tulisan Bang Radit yang ia tulis di Blog diangkat menjadi sebuah film dengan judul “Kambing Jantan”. 
Karena itu, Imej blog bagiku pun masih seputaran tentang kisah pengalaman dan curhatan saja. Namun, seiring berjalannya waktu, rupanya persepsiku mengenai fungsi blog sendiri bergeser. Maklum, saat masih menjadi mahasiswa banyak tulisan untuk tugas berasal dari blog (Sekarang, jangan ditiru, jangan asal copy-paste dari blog untuk sumber referensi ya). Sehingga, persepsiku tentang blog pun akhirnya berubah secara perlahan. Keseringan googling di internet, justru aku mendapati banyak sekali blog-blog yang menjadi sumber informasi, mulai dari parenting, traveling, kuliner, event dan lain sebagainya. Semuanya menjadi ladang pengetahuan yang  tak jarang mampu mencerahkan pikiran. 

Saat itu, muncul keinginan untuk membuat blog pribadi. Sempat beberapa bulan bertahan, hingga kemudian mati suri lantaran aktivitasku yang cukup menyita waktu. Namun, semangat menulis di blog kembali membara di pertengahan tahun 2017, saat seorang rekan mengajak untuk kembali mendisiplinkan diri dalam menulis. Maka, blog yang sempat mati suri tadi secara perlahan mulai aktif. Hingga datang sebuah momentum yang membawaku di kelas Ngeblog Seru 4 dengan bimbingan langsung dari Founder Tapis Blogger, Mbak Naqiyyah Syam.
Saat itu, ada diskusi di salah satu grup kepenulisan yang aku ikuti, dalam sesi tersebut, Mbak Naqi merupakan narasumber utama. Beliau diminta untuk menceritakan mengenai pengalamannya ketika pernah menjabat sebagai Ketua Forum Lingkar Pena Bengkulu. Diskusi menarik dan hangat pun terjadi. Hingga di akhir sesi, beliau menyisipkan sebuah postingan mengenai kelas ngeblog seru 4.
“Menarik, “ujarku dalam hati. Keinginanku untuk belajar tentang dunia blog semakin bertambah besar. Maklum saja, pengetahuan tentang blog begitu luas. Agar kita dapat berkembang, maka sikap rendah hati untuk senantiasa mau menuntut ilmu sangat perlu ditanamkan dalam diri.Kelas ngeblog seru 4 ini memang asik. Sifatnya online dan dilaksanakan secara tertutup di Facebook. Sehingga kita dapat berkenalan dengan para anggota lainnya yang bermukim di berbagai area berbeda.
Kelas ini dimulai pada Senin, 8 Januari 2018 pukul 10.00 WIB. Di awal sesi, Mbak Naqqi-Kupanggil beliau begitu-memposting biodata singkat tentang dirinya. Satu persatu dari kami diminta untuk melakukan hal serupa. Malahan beberapa diantara kami diharapkan bisa saling mengunjungi blog dan media sosial para anggota lainnya. Tepat hari kedua, setelah perkenalan, kami diberikan materi 1 namanya. Materi ini membahas mengenai jurus agar kita dapat membuat konten kreatif pada tulisan yang akan kita posting di Blog. Beliaupun  memberikan 7 jurus jitu (berasa kayak Pendekar ya pakai kata Jurus, Hehehe) diantaranya : Niat, ide, Persiapan Foto, Referensi, BlogWalking, Video dan terakhir adalah komunitas. Mau tahu penjelasan 7 jurus itu, ya ikut kelas ngbelognya. Hahaha.
Kelas Blog Seru 4 Bareng Naqiyyah Syam ini masih akan berlangsung hingga 1 bulan ke depan. Tentunya, ada harapan yang terbersit dalam diriku agar ngeblogku semakin maksimal, apa saja harapan itu ? 

Pertama, Memiliki sikap Disiplin dalam Menulis
Disiplin adalah kata yang paling mudah diucapkan, namun mudah-mudah susah untuk dilaksanakan. Menulis butuh pembiasaan dan sikap disiplin dalam diri. Agar blog tetap eksis, maka sikap disiplin menjadi aspek penting untuk senantiasa ditanamkan pada diri sendiri. Kemampuan membagi waktu diperlukan agar menulis dapat berjalan beriringan dengan aktivitas yang lain.

Kedua, Mampu menciptakan tulisan dengan Konten Kreatif di Blog-Q
Tulisan yang enak dibaca serta kreatif akan membuat para pembaca menjadi senang. Untuk membuat konten kreatif dalam tulisan tentu saja menjadi harapan penulis. Dengan kelas ngeblog seru 4 ini, harapannya nanti, aku mendapatkan materi mengenai konten kreatif. Sehingga tulisan di blog enak, nyaman dan tidak menjemukan.

Ketiga, Mampu menulis artikel dengan baik
Artikel merupakan senjata penting yang akan diposting dalam sebuah blog. Ibaratnya, Kemampuan penulis memegang senjata tadi, menjadi syarat utama agar artikel yang ditulis dapat tepat sasaran dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Keempat, Mampu mendesign Blog secara sederhana khususnya bagi pemula
Design merupakan salah satu prasyarat agar blog menjadi menarik. Melalui kelas ngeblog seru 4 ini, harapanku, materi tentang design akan membawa tampilan blog ku semakin menarik dan enak dipandang mata.

Kelima, Memperoleh tips untuk bisa mereview produk  dan Jasa
Untuk mereview sebuah produk dan jasa diperlukan kemampuan dalam mengolah tulisan agar menarik para pembaca untuk mencoba produk dan jasa tersebut. Ibaratnya kita adalah pengiklan barang. Agar barang laku terjual dan menarik minat, maka diperlukan tips-tips khusus agar kita mampu mereview produk dan jasa dengan baik melalui tulisan yang kita buat.

Keenam, Memperoleh tips untuk belajar menghasilkan uang dari blog
Sekarang ini, blog telah menjadi salah satu lahan matapencaharian yang menjanjikan. Bila dikelola dengan baik, maka dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Nah, tips dan materi yang akan disampaikan nanti, harapannya dapat membuatku dan teman-teman lainnya menjadi paham serta dapat mempraktekan langsung teori yang sudah diberikan.

Ketujuh, Menjadi ajang silaturahmi di masa depan dengan teman-teman di Kelas Ngeblog Seru 4 

Ada pertemuan maka akan ada pula perpisahan. Kata pujangga sih begitu. Namun, besar harapan penulis agar nantinya, setelah kelas ini selesai, silaturahmi dari teman-teman satu grup dapat terjaga. Aamiin

Akhir kata, banyak sekali list harapan dari saya, yah. Tapi semoga satu persatu dari harapan tersebut dapat terwujud di kelas Ngeblog Seru 4 bersama Naqqiyah syam. Amiin.

Tulisan ini adalah tugas menulis di Kelas Ngeblog Seru 4 Bersama Naqiyyah Syam.

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)