Taman Baca Sejahtera : Sarana Meningkatkan Budaya Literasi Di Kawasan Kampung Sejahtera, Kota Bengkulu

Sumber : Dokumentasi Madya Putri Utami, 2019
"Membaca merupakan jendela dunia"

Ungkapan tersebut menjadi salah satu hal yang mendasari didirikannya taman baca sejahtera di Kampung Sejahtera,Kelurahan Sumberjaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Dulunya, kawasan ini memang begitu kumuh dan tak tersentuh aktivitas pembangunan fisik. Namun, setelah berbagai program pembangunan masuk, kawasan ini seolah bermetamorfosis menjadi kawasan yang  berkembang dan  kini menyajikan perjalanan wisata yang disuguhkan kepada pengunjung untuk  dapat menyusuri  kawasan hutan mangrove dengan menggunakan kapal. Bisa dikatakan, bahwasanya, masyarakat di kawasan ini tengah berupaya melakukan perubahan kea rah perbaikan. Terbukti dengan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan. Serta rekonstruksi organisasi kelembagaan. Saat ini, kampung ini pun menjadi percontohan untuk Kampung KB. Pendirian taman baca sejahtera di kawasan tersebut  dilakukan oleh tim pengajar di Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu yang terwujud dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Disamping ituk pendirian taman baca sejahtera didasarkan pada upaya untuk meningkatkan budaya literasi bagi generasi bangsa. Mengingat, anak-anak yang berada di kawasan tersebut, jumlahnya cukup banyak. Peresmian Taman Baca Sejahtera dilakukan pada Sabtu, 5 januari 2019. Turut hadir beberapa tokoh masyarakat yang terdiri dari : Ketua RW Kampung Sejahtera, Tokoh Imam Mesjid, Pak indrajaya selaku Penyuluh KB, Karang Taruna serta perwakilan dari Komunitas Rafflesia Membaca, Forum Lingkar Pena dan diliput oleh media patner UNIBKITA. 
 
Serah terima Buku kepada Pihak Kampung Oleh Pengelola Jurusan Sosiologi

Pemotongan Pita sebagai Tanda Peresmian Taman Baca Sejahtera
Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran. Pada kesempatan ini, penulis yang juga merangkap ketua tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan sambutan dan apresiasi yang luar biasa atas antusiasme para warga dan anak-anak yang turut serta hadir. Meskipun taman baca yang dibentuk memang masih jauh dari sempurna. Buku-buku yang diberikan memang masih terbatas, pun begitu juga rak yang dipersiapkan masih sederhana dan terbatas. Meski begitu, tidak menyurutkan semangat  dan tekad untuk maju. Selanjutnyam sambutanpun disampaikan oleh  Pihak Pengelola Jurusan Sosiologi yang diwakili oleh Heni Nopianti, S.Sos.,M.Si.  Beliau pun mengapresiasi semangat dan antusiasme para peserta yang hadir. Ke depan, harapan  yang terajut semoga taman baca sejahtera menjadi terus berkembang dan bermanfaat untuk anak-anak dan masyarakat sekitar. Tak lupa, sambutan puncak pun diberikan oleh Ketua RW yang sekaligus melakukan pemotongan pita sebagai tanda peresmian Taman Baca Sejahtera. Beliau pun menyampaikan harapan dan keinginannya serta langkah ke depan untuk pengembangan Taman Baca sejahtera. Rangkaian acara resmi ditutup dengan doa yang disampaikan oleh salah satu pengelola  masjid. Meski acara resmi selesai, acara dilanjutkan dengan aktivitas mendongeng yang dipandu langsung oleh Kak Tami, yang merupakan salah satu pendongeng di Kota Bengkulu. Sekaligus merupakan anggota dari Komunitas Kampung Dongeng di Kota Bengkulu. Antusiasme anak-anak begitu terlihat jelas. Seru dan menyenangkan sebagai kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi saat itu.
 
Kak Tami Bersama Boneka Monyet Miliknya

Suasana Mendongeng Bersama Anak-anak
Suara dan mimik wajah kak tami yang ekpresif tak henti hentinya mengundang semangat, gelak tawa hingga para peserta hanyut dalam suasana. Bahkan yang mengantuk pun berubaha menjadi bersemangat. Kali ini penampilan Kak Tami ditemani oleh Oren yang merupakan boneka berbentuk monyet. Beberapa anak kecil terlihat penasaran dan berupaya untuk memegang boneka monyet tersebut. Kurang lebih 45 menit, Dongeng Berjudul Kado Harapan yang disampaikan oleh Kak Tami diceritakan. Anak-anak terlihat begitu senang. Bertambah senang ketika doorprize buku tulis dan buku bacaan dibagikan kepada anak-anak yang mampu menjawab soal dari kakak panitia. Ketua karang taruna Kampung Sejahtera menyampaikan apresiasi lantaran kegiatan mendongeng baru kali pertama dilakukan.  Ke depan sinergistas dari berbagai pihak dan elemen masyarakat menjadi aspek kunci penting untuk dapat mengembangkan taman baca dan minat baca pada Anak. 
 
Doorprize yang diberikan kepada anak-anak
Bagi siapa pun dan komunitas manapun yang hendak menyalurkan buku yang bermanfaat dan positif dalam genre apapun dapat menghubungi pihak Kampung Sejahtera ataupun  karang taruna Kampung Sejahtera, Kota Bengkulu di  no (Putra – 0813-6999-9267) atau (Ika - 0856-6494-7395)

3 komentar

  1. Semoga makin banyak ya lokasi atau tempat lainnya yang juga ada taman baca kayak gini. Biar makin banyak yang pintar

    BalasHapus
  2. Wahh.. Sudah ada taman baca skrng ya mbak .. Sukses buat program dan kegiatanya. .

    BalasHapus
  3. Keren nich ada Dongengnya. Dongeng jga mesti dilestarikan ya mbak.. Soalnya itu berpengaruh bgt thd pembentukan karakter anak. Namun skrng para pendongeng makin berkurang .

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)