Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri UNIB : Kontribusi Mahasiswa Dalam Pencegahan Dan Penanggulangan Covid 19


Dokumentasi Mahasiswa (Edukasi Untuk Menggunakan Masker ke adik-adik Sekolah)
(Edukasi Terkait Protokol Kesehatan Ke Adik-Adik di HOME)
                                                                Dokumentasi Mahasiswa

Kuliah kerja nyata merupakan salah satu bentuk kegiatan intra kulikuler yang terselenggara sebagai bentuk penerapan tridharma perguruan tinggi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam upaya memperbaiki situasi ke arah pembangunan. Nah, selama Pandemi COVID 19 ini, Kuliah Kerja Nyata atau yang dikenal dengan KKN memang sedikit berbeda dari biasanya, baik dari proses hingga tata pelaksanaannya. Bila pada kegiatan KKN umumnya, para mahasiswa akan dibuat berkelompok dan menetap selama lebih kurang dua bulan di desa-desa tertentu. Maka, KKN pada saat pandemi ini, dilakukan secara online di kediaman mahasiswa masing-masing. Hal ini pula yang terjadi di Universitas Bengkulu. Kegiatan KKN Periode 91 kali ini dikenal dengan KKN Mandiri secara daring. 
Kegiatan yang dilakukan menekankan pada upaya pencegahan dan penanggulangan COVID 19 dari mahasiswa ke lingkungan sekitarnya. Jadi, mahasiswa diminta untuk melakukan aktivitas permberdayaan secara masing-masing di sekitar lokasi yang mereka tempati. Nantinya, mereka akan didampingi oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan atau yang dikenal dengan istilah DPL KKN. Tugas dan fungsi pokok dari DPL KKN adalah memberikan pengarahan dan petunjuk kepada mahasiswa dalam merancang, melaksanakan serta memonitoring kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Mulai dari pendampingan pada saat proposal pengajuan program, hingga laporan kemajuan dan laporan akhir kegiatan. Disetiap tahapan, dosen pembimbing lapangan memiliki otoritas untuk menolak rancangan proposal ketika rancangan tersebut dinilai tidak sesuai dengan ketentuan dan panduan yang telah ditetapkan. Disamping itu, DPL KKN pun memiliki otoritas untuk menyetujui proposal dan laporan yang memang dianggap sudah memenuhi kriteria untuk kemudian dapat dilanjutkan oleh mahasiswa ke tahapan selanjutnya.

Salah satu mahasiswa KKN
yang tengah mendengarkan Live Streaming Youtube Pembukaan KKN UNIB
(Dokumentasi Mahasiswa)

Pada kesempatan ini, penulis berkesempatan untuk menjadi DPL KKN pada kelompok 185, 186 dan 187. Kuliah kerja nyata dengan model daring memang memiliki tantangan tersendiri, kemampuan untuk memberikan informasi secara jelas dan sistematis menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Nah, kelompok-kelompok yang diberikan tersebut terdiri dari beragam mahasiswa lintas jurusan. Hal ini tentu memberikan dinamika yang mampu memberikan wawasan tidak hanya ke mahasiswa namun juga ke DPL KKN. Sebagai upaya mengenal satu dengan lainnya maka dilakukan pertemuan tatap muka via online melalui aplikasi zoom meeting. Pada proses pembimbingan, mahasiswa diberikan petunjuk serta penyusunan program secara sistematis. 
Aplikasi SIKANDO UNIB
sumber : sikkn.unib.ac.id

Tak lupa pula diberitahukan kepada mereka untuk dapat menggunakan aplikasi SIKANDO yang merupakan aplikasi resmi yang disediakan oleh P3KKN selaku penyelenggara Kegiatan KKN UNIB agar bisa digunakan mahasiswa untuk melakukan presensi harian, menulis aktivitas harian seperti diary dan berkomunikasi. Namun, agar lebih memudahkan, maka diajurkan kepada masing-masing kelompok untuk membuat grup Whatsapp. Kegiatan yang dimulai dari tanggal 22 juni hingga 29 Juli 2020 ini diharapkan mampu memberikan edukasi tidak hanya kepada masyarakat namun juga kepada mahasiswa untuk mampu berdaya guna sesuai dengan peran strategisnya sebagai mahasiswa. 
Penyemprotan Disinfektan Oleh Mahasiswa di HOME
Sumber : Dokumentasi Mahasiswa

Produk Masker yang Dihasilkan Oleh Mahasiswa
(Sumber : Dokumentasi Mahasiswa)


Poster Yang Dibuat Oleh Mahasiswa Dalam Rangka Edukasi
Sumber : Dokumentasi Mahasiswa

Menariknya di akhir kegiatan mahasiswa diminta untuk melaporkan semua aktivitas hingga produk yang dihasilkan, mulai dari poster dan tulisa mengenai penularan dan pencegahan COVID 19 yang disebarluaskan ke media sosial seperti Youtube, Instagram, twitter, facebook hingga blog pribadi, handsanitizer yang diolah dari bahan alami, pembuatan masker kain secara mandiri, penanaman TOGA hingga diversifikasi olahan makanan dari TOGA itu sendiri, Pembuatan alat penyemprot handsanitizer secara otomatis dan lain segaianya. 

Video  Yang Disebarluaskan Mahasiswa Melalui Media Sosial
(Sumber : Dokumentasi Mahasiswa)

Poster Yang Disebarluaskan Mahasiswa melalui Laman Media Sosial
(Sumber : Dokumentasi Mahasiswa)

Produk Handsanitizer Otomatis Yang Dibuat Oleh Mahasiswa
Sumber : Dokumentasi Mahasiswa


Produk-produk yang dihasilkan tersebut sebagian memang memang disebarluaskan ke masyarakat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Sehingga ada upaya dan nilai edukasi agar masyarakat senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang sejalan dengan kebijakan dari pemerintah. Sehingga secara bersama-sama turut serta membantu pencegahan dan penularan COVID 19.

Tidak ada komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)