Human Initiative : Bergerak Bersama Demi Kemajuan Generasi Bangsa

  

Sumber : Dokumentasi Human Initiative, 2020

Pendidikan menjadi aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Memperoleh pendidikan yang layak menjadi hak seluruh warga negara Indonesia. Hak yang dijamin oleh undang-undang dan menjadi satu dari sekian banyak kewajiban pemerintah untuk menjamin hak warga negaranya tersebut. Pemerataan pendidikan masih menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah saat ini. Tidak sedikit juga, anak-anak usia sekolah masih belum memperoleh hak pendidikannya disebabkan berbagai faktor, baik dari faktor keluarga sebab pemahaman yang minim, mental manusia yang lemah dan tak berpandangan luas, serta yang terbesar adalah faktor ekonomi.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi tersebut, Berdasarkan Laporan Implementasi Program Beasiswa Akselerasi Pinta Periode Bulan Juli-Desember 202, Human Initiative bersama para sahabat inisiator melalui program beasiswa Akselerasi Pintar memberikan beasiswa pendidikan berupa dana tunai kepada anak-anak yatim dan tidak mampu yang memenuhi kriteria di wilayah Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah. Human Initiative merupakan Lembaga Kemanusiaan yang telah diakui United Nations (UN) sebagai NGO In Special Consultative Status With The Economic and Social Council of the United Nations” pada tanggal 22 Juli 2008 dengan No. 003234, Kementerian Sosial sesuai SK Mensos No.77/HUK/2014 sebagai Organisasi Sosial Nasional (ORSOSNAS), SK Gubernur Bengkulu No. 312 tahun 2002, Dinas Sosial Provinsi Bengkulu No 30.01.1311.17 sebagai Mitra Kerja Pelayanan Usaha Kesejahteraan Sosial.

Kata Sambutan Kepala Cabang Human Initiative Bengkulu
Sumber : Dokumentasi Human Initiative, 2020

Program Beasiswa Akselerasi Pintar merupakan beasiswa yang diberikan kepada  pelajar SD, SMP dan SMA yatim dan tidak mampu, dengan memberikan uang pendidikan setiap bulan dan pembinaan spiritual serta character building kepada para penerima. Program ini bertujuan untuk keperluan pemenuhan kebutuhan biaya pendidikan anak-anak serta mendukung dan memotivasi anak dalam belajar agar semangat pintar dan religius. Launching Beasiswa Akselerasi Pintar dilaksanakan pada hari Jumat, 11 September 2020, bertempat di Halaman Kantor Human Initiative Bengkulu, Jalan Merapi Raya Kelurahan Panorama Kota Bengkulu. Dalam kegiatan launching ini, di hadiri oleh perwakilan 15 anak penerima beasiswa. Hal ini dikarenakan mencegah terjadinya kerumunan orang ramai pada masa pandemi covid -19. Selain itu, kegiatan Launching sendiri dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial propinsi Bengkulu, ketua LPA propinsi Bengkulu, dan perwakilan orang tua asuh beasiswa yang mendukung program beasiswa akselerasi pintar ini. Sementara itu, di pekan ke tiga September, kegiatan pembinaan beasiswa mulai di laksanakan. Kegiatan pembinaan spiritual serta character Building di laksanakan 3 kali setiap bulannya.

Kegiatan Pembinaan dan Spiritual Character dari Human Initiative
Sumber : Dokumentasi Human Initiative, 2020

Program Beasiswa Akselerasi Pintar telah berjalan selama 1 tahun mengikuti kalender pendidikan pemerintah. Program Beasiswa Akselerasi Pintar di mulai pada bulan Juli tahun 2020 hingga Juni tahun 2021. Saat ini, program beasiswa sudah berjalan satu semester pertama, yaitu periode bulan Juli hingga Desember 2020. Serta akan dilanjutkan hingga Juni 2021. Penerima manfaat program Beasiswa Akselerasi Pintar untuk tahun program 2020- 2021 ini berjumlah 84 anak, dengan rincian : 43 anak tingkat SD, 26 anak tingkat SMP, serta 15 anak tingkat SMA. Wilayah penerima manfaat program ini tersebar di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan Pembinaan dan Spiritual Character dari Human Initiative
Sumber : Dokumentasi Human Initiative, 2020
          

          Untuk lokasi kegiatan pembinaan spriritual character building beasiswa Akselerasi Pintar bertempat di beberapa lokasi, yakni  di Masjid Al Araf, kelurahan Panorama, Kelurahan Sumber Jaya, MI Al Muhajirin, HOME Children Center dan Talang Empat kabupaten Bengkulu Tengah. Human Initiative Bengkulu pada semester pertama ini yaitu Juli hingga Desember 2020 telah melaksanakan penyaluran beasiswa pendidikan kepada 84 anak-anak Penerima Manfaat yang terdiri dari 43 anak SD, 26 anak SMP dan 15 anak SMA. Penyaluran diberikan dalam bentuk buku rekening tabungan, agar memudahkan penerima beasiswa dalam menerima bantuan dan lebih aman dalam hal penyimpanan uang. Pelaksanaan kegiatan pembinaan dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam satu bulan, yang di bagi ke dalam 9 kelompok sesuai tingkatan sekolah. Pelaksanaan kegiatan pembinaan berjalan cukup baik. Penyaluran beasiswa per anak diberikan dalam bentuk rekening tabungan mengingat kondisi pandemi saat ini yang sudah berlangsung sejak Maret 2020. Penerima Manfaat akan lebih mudah menerima beasiswa dan lebih aman dalam penyimpanan uang.

Kegiatan Penyerahan Secara simbolis Bantuan Porgram Akselarasi Belajar Dari Human Initiative
Sumber : Dokumentasi Human Initiative, 2020

Kegiatan pembinaan beasiswa dilaksanakan secara pertemuan tatap muka dan pertemuan daring melalui aplikasi whatsapp. Kegiatan tatap muka di laksanakan 1 kali dalam sebulan. Dengan mengikuti protokol kesehatan yang disarankan, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sebelum memulai kegiatan pembinaan. Untuk daring, di laksanakan dua kali dalam sebulan, dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Keadaan pandemi memaksa pelajar saat ini untuk bisa belajar daring. Namun, ada 3 kelompok pembinaan yang harus melaksanakan pembinaan secara tatap muka, karena sebagian besar penerima beasiswa tidak memiliki fasilitas pembelajaran secara daring. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan cukup baik. Pihak wali penerima beasiswa juga sangat kooperatif. Anak-anak penerima manfaat bahkan terlihat sudah cukup akrab dengan pembina beasiswa.Nah, bagi kalian semua yang ingin berkontribusi menjadi bagian dari program maka dapat langsung bergabung ke Human Initiative maupun menghubungi pihak Human Initiative yang dalam hal ini diwakili oleh : Mba Reki (Telp/WA : +62 822-8055-2886) dan Mba Dwinda (Telp/WA: +62 853-6828-3168) denganTelp. (0736)26425 atau dapat langsung berkunjung ke lokasi Human Initiative yang bertempat di Gedung Graha Human Initiative Bengkulu Jl. Merapi Raya No 92 Panorama Kota Bengkulu. Informasi dan pertanyaan bisa langsung ke websitenya maupun ke email : humaninitiative.org

 

 

7 komentar

  1. Saya sering lihat di IG, program2 Human Initiative memang bagus. Semoga berkah dan menjadi inspirasi bagi kita untuk melakukan kebaikan...

    BalasHapus
  2. Humann initiative maju terus, bergandengan membangun nusantara mulai dari generasi awal. Insya allah

    BalasHapus
  3. Luar biasa ya mba, selalu salut sama insan-insan pendidikan yang memperjuangkan semangat belajar. Semoga pandemi lekas berlalu, biar kegiatan-kegiatan pendidikan makin banyak & lancar :))

    BalasHapus
  4. baru tau saya buk dosen...bahwa ada Bantuan Porgram Akselarasi Belajar Dari Human Initiative

    BalasHapus
  5. Human initiative sama dengan PKPU bukan ya mbak? Apa cuma satu instansi gitu?

    BalasHapus
  6. Dari dulu human initiative emang udah banyak banget berkiprah dengan membantu sesama. Salut pokoknya. Moga sukses terus buat semua relawannya juga.

    BalasHapus
  7. Mantul banget ini program beasiswanya. Membantu banyak anak yang tetap mau belajar menuntut ilmu.

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)