Ular Tangga : Permainan Yang Bikin Happy Plus Nambah Edukasi





Permainan ular tangga merupakan satu dari sekian permainan yang asyik dan menyenangkan. Mengapa demikian? Ketika bermain ular tangga, aspek kognitif, afektif dan psikomotorik menjadi hal yang akan dialami oleh para pemain secara langsung. Permainan ini dapat dimainkan oleh lebih dari dua orang pemain, baik oleh  anak-anak, maupun orang dewasa. Cara bermain ular tangga pun cukup sederhana. Para pemain secara bergantian mendapatkan giliran untuk melemparkan dadu. Lalu dapat melangkah sesuai dengan angka yang ditunjukkan oleh dadu tersebut. 

Secara kognitif, para pemain akan dilatih untuk berpikir dalam menerapkan strategi memenangkan permainan, cara menghitung langkah hingga belajar patuh mengikuti setiap aturan dari permainan. Dari aspek afektif, para pemain akan diajarkan untuk tetap menjaga sportivitas serta dapat menerima kemenangan dan kekalahan. Sedangkan dari aspek psikomotorik, permainan ini jelas membutuhkan energi dan gerakan dinamis ketika melangkah dari satu kotak ke kotak lainnya. Keakraban dan interaksi menjadi aktivitas yang akan terjadi antara satu pemain dengan pemain lainnya. Nah, kali ini ada satu permainan ular tangga yang begitu menarik. Sehingga terasa asik ketika dimainkan.  Namanya ular tangga internet sehat. Permainan ular tangga ini memang dikemas secara menarik oleh RTIK (Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi). RTIK sendiri merupakan salah satu organisasi masyarakat yang dibentuk Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam rangka membantu mewujudkan visi Masyarakat Informasi Indonesia.  Nah, kali ini permainan ular tangga internet sehat ini telah dimainkan oleh beberapa rekan mahasiswa dengan sangat kompak oleh Niluh, Hainun, Tisa dan Annisa. Mereka adalah para  mahasiswi angkatan tahun 2017 jurusan sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu. 
sumber : rtikcirebon.com
Mereka mencoba membagikan cara bermain ular tangga tersebut secara sederhana, berikut ulasannya :
  • Tiap pemain bergantian melempar dadu sesuai dengan urutannya. Nah, dadu yang     digunakan mempunyai enam sisi yang masing-masing sisi berisi angka dari 1 hingga 6.
  • Jika dadu yang jatuh menunjukkan mata dadu 5, maka pemain harus berjalan 5      langkah dan berhenti di kotak yang sesuai dengan angka yang ditunjukkan oleh dadu.
  • Jika sudah dijalankan, dan misal pemain berada di kotak yang berisi pertanyaan, maka pemain wajib menjawab pertanyaan yang dimaksud, jika benar anak tersebut mendapat poin ataupun tepuk tangan dari rekan sepermainannya.
  • Permainan berlanjut hingga ke pemain-pemain berikutnya.
  • Para pemain hendaknya mengikuti aturan yang ditunjukkan di kotak. Apakah menjawab pertanyaan, atau ada hukuman yang harus dijalankan.
  • Permainan ini bisa dilakukan dengan pendampingan dari orang tua. Nantinya orang tua dapat  memberikan evaluasi dari permainan yang sudah dilakukan. Serta secara langsung dapat memberikan pembelajaran kepada anak mengenai pentingnya menggunakan internet secara sehat.  
 
Dari permainan ular tangga yang sudah dilakukan, salah satu testimoni dari para pemainnya bisa kita simak sebagai berikut :
Salah satu edukasi menarik lainnya dari permainan ular tangga adalah ketika kita sedang berada diatas jangalah terlalu bersenang hati sebab masih banyak lompatan yang harus kita lalui sebelum akhirnya mencapai finish. Karena kalau kita terlalu bersenang-senang, maka saat kita turun dan jauh tertinggal maka  akan lebih terasa sakitnya. Oleh karenanya, kita jangan terlalu larut dalam kesenangan. (Niluh)

Dalam permainan ular tangga ini, banyak edukasi dan pesan menarik yang disampaikan. Sehingga secara tidak langsung, ketika kita bermain, maka banyak pelajaran yang bisa petik. Apa saja sih pelajaran lain yang bisa kita ambil dari permainan internet sehat? Yuk, simak ulasannya berikut :
  •  Ketika menggunakan akses internet sebaiknya menggunakan software yang legal agar terhindar dari virus;
  •  Laporkan kepada guru atau orang terdekat ketika ada cyberbully;
  • Jangan berikan secara sembarangan email dan akun yang kita miliki kepada orang yang tidak kita kenal dan kita rasa tidak bertanggungjawab;
  • Jangan suka mengumbar foto pribadi dan keluarga secara sembarangan. Karena bisa jadi akan disalahgunakan oleh orang lain;
  • Jangan mudah menjadi pribadi yang suka mengumbar kekesalan di media sosial yang kita punya;
  • Gunakan password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain;
  • Klarifikasi setiap informasi yang diperoleh sebelum akhirnya menyebarluaskan ke internet dan media sosial yang kita punya. Karena bisa jadi, informasi tersebut adalah hoax dan dapat merugikan orang lain;
  • Pasang antivirus dan jangan lupa untuk melakukan update secara berkala;
  • Batasi postingan diri di media sosial. Sudah saatnya kita memilah mana yang memang bisa dikonsumsi publik dan mana yang privasi;
  • Cermati setiap banner dari website yang kita buka. Bila salah, bisa jadi kita akan dibawa ke situs negatif;
  • Jika menemukan situs yang memuat hal negatif, maka kita bisa laporkan kepada aparat keamanan;
  • Kita bisa mengkonsultasikan problematika anak di era digital ke situs terpercaya;
  • Selain itu, kita pun dituntut untuk mampu memilih pertemanan di dunia cyber. Salah pertemanan bisa berakibat fatal terhadap perilaku yang kita lakukan;
  • Parenting Control menjadi aspek penting yang harus dilakukan oleh orang tua zaman now untuk terus mendampingi anak kteika mereka menggunakan internet;
  • Jangan lupa untuk selalu log out ketika menggunakan internet rekan ataupun internet umum;
  • Perbanyaklah aktivitas di luar seperti main di taman, jalan-jalan ketimbang banyak menghabiskan waktu yang unfaedah ketika berselancar di dunia maya.

Nah, buat kalian yang ingin coba bermain ular tangga sembari mendapatkan edukasi, bisa banget dengan menghubungi RTIK yang ada di wilayah masing-masing. Berhubung saya tinggal di Bengkulu, maka bisa ngajak main bareng para Relawan TIK wilayah Bengkulu.
Instagram : @rtikbengkulu



1 komentar

  1. Penasaran aku mau nyobain mainnya mbak ika. Kapan kita main bareng

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)