Mencicip Kuliner di Balikpapan, Menu-Menu Ini Jangan Sampai Kelewatan

Liburan ke Balikpapan tidak akan lengkap tanpa mencicip berbagai makanan yang ada di sana. Kota pelabuhan ini memiliki beberapa kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan, terlebih masakan seafoodnya seperti kepiting yang sudah terkenal sampai ke seluruh pelosok negeri. Tentunya kalau punya plan jalan-jalan ke Balikpapan jangan lupa untuk pergi ke Pantai Lamaru, Pantai Kemala, Bukit Bangkirai, wisata mangrove yang pastinya ga kalah menarik dengan kulinernya. Buat yang sudah memesan tiket pesawat terbang ke Balikpapan? Sekarang waktunya mencatat beberapa wisata kuliner yang harus kamu datangi selama berada di sana. Yuk, simak apa saja kuliner yang ada disana !
 Pertama, Kepiting Kenari
 
Siapa yang sanggup menolak pesona kepiting berukuran raksasa dengan capit gemuk-gemuk penuh dengan daging? Hanya di Balikpapan, kepiting kenari yang diolah dengan bumbu istimewa bisa kamu temukan. Lokasi rumah makan Kepiting Kenari terletak di Jl. Marsma R. Iswahyudi No. 4. Mudah saja menemukannya, karena hampir semua orang di Balikpapan tahu lokasi resto seafood yang menyajikan kepiting berdaging lembut ini.  Kalau inget Malang-inget Apel, setelah makan di resto ini, inget Balikpapan jadi inget Kepiting terus.
 
Kedua, Kopi Nam Min
 
 sumber:manggistropis.blogspot.com
Seperti namanya, sajian utama di kedai yang usianya sudah 59 tahun ini adalah kopi. Selain menyajikan minuman pekat yang nikmat, Kopi Nam Min juga dikenal dengan roti buatan sendiri yang selalu fresh, yang bisa dinikmati dengan cara dipanggang lalu dicelup ke selai sarikaya yang juga buatan sendiri. Tidak heran kalau kedai Kopi Nam Min selalu ramai setiap hari. Temukan kedai ini di Pasar Pandan Sari, dan mereka buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 18.00 WITA.
 
Ketiga, Soto Banjar Kuin Abdhu
sumber:garnesia.com
Berada di Pulau Kalimantan tapi ga mencicipi soto Banjarnya itu rasanya tak lengkap. Di Balikpapan, kedai soto Banjar yang paling terkenal adalah Kuin Abdhu yang terletak di Jl. A. Yani. Kedai ini berupa warung pinggir jalan, tapi soal rasa, sanggup mengalahkan yang ada di resto ternama.
 
Keempat, Bubur Ayam Samarinda
 sumber:jack-kuliner.blogspot.com
Berbeda dengan bubur ayam Jakarta dan Bandung yang tanpa kuah, bubur ayam Samarinda justru dibanjiri kuah yang melimpah. Kuahnya pun unik, dilengkapi dengan potongan tomat dan juga seledri, sehingga sekilas mirip dengan soto ayam. Ada banyak tempat yang menjual bubur ayam Samarinda, namun yang paling banyak dicari adalah Kedai Bubur Ayam Samarinda di Jl. A Yani. 
 
Kelima, Depot Simpang Empat
 sumber:lihat.co.id
Resto ini menyediakan berbagai makanan khas Tiongkok, namun di antara semua menu, yang paling terkenal adalah Sapi Lada Hitam dan Mantau. Kalau ingin mencoba Mantau-nya, datanglah ke Kedai Simpang Empat ketika baru buka, biar ga sampai kehabisan. Berlokasi di Jl. Letjen Soeprapto No. 6, Kedai Simpang Empat mudah saja ditemukan karena kerap diburu oleh para pecinta kuliner.
  
Keenam, Kepiting Dandito
sumber:kompasiana.com
Selain kepiting kenari yang sudah tersohor, resto kepiting Dandito juga tidak kalah tenar. Tidak hanya menyediakan masakan dari kepiting, RM Dandito juga menyediakan banyak pilihan seafood lainnya dengan rasa yang pastinya enak. Lokasi RM Dandito berada di Jl. Marsma Iswahyudi No. 71.
Masih ada banyak jenis kuliner lain yang boleh kamu cobain di Balikpapan. Namun daftar di atas adalah makanan wajib banget kalau kamu liburan di sana. Jangan lupa, manfaatkan waktumu kalau berkunjung kesana dengan kulinernya yang khas.

8 komentar

  1. Enak banget kayaknya makanannya Mbak, aku jadi laperrr.... kalo ke Balikpapan wajib dicobain ya... Balikpapan juga jadi destinasi wsiataimpian, semoga 2018 bisa ke sana ya... aminnn ^^

    BalasHapus
  2. yang paling menggugah selera saya adalah soto banjarnya..mahal gak mbak?

    BalasHapus
  3. .... berhenti untuk mengagumi foto nomor satu....

    BalasHapus
  4. laparrrr...kakak....laparrrrrr

    foto-fotonya sungguh menggugah selera, netes ini netes

    BalasHapus
  5. wah... byk kuliner kepiting ternyata ya... 😊 laziiiss

    BalasHapus
  6. Kepitingnyaaaa. duh mupeng, padahal ga bisa makan kepiting.

    BalasHapus
  7. Belom pernah ke Balikpapan huhu
    Semoga suatu saat bisa main ke sana :)

    BalasHapus
  8. Aaakkkkk lapar kali Intan kepiting gendut itu. Pengeen makan. Nyam nyaaaammmm

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)