Mesjid Pesantren Al Fida, Kota Bengkulu


Mesjid Tampak Depan (www.berandaksara.com)

Mesjid Pesantren Al Fida merupakan mesjid yang berada di area Pesantren Al Fida yang telah berdiri sejak tahun 2013. Mesjid ini berlokasi di Jalan S.Parman 6 No 27, Padang Jati (300 meter masuk gang sebelah rumah makan SAIMEN).

Letaknya memang cukup strategis lantaran berada dekat dengan ruang publik seperti : Hotel Santika, Rumah Sakit Tiara Sella, Kantor Radio Republik Indonesia Provinsi Bengkulu. Untuk menuju kesana, kita dapat menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan pribadi (motor dan mobil) maupun kendaraan umum seperti angkot. Bila menggunakan angkutan umum.  Kita dapat berhenti di depan gang mesjid, kemudian melanjutkan berjalan kurang lebih 300 meter untuk menuju ke mesjid Pesantren Al Fida.

(www.berandaksara.com)

Mesjid ini memiliki halaman yang cukup luas serta  berdiri kokoh ditengah lahan tanah berukuran 20 m x 20 m. Bangunannya terdiri dari 2 tingkat, yakni tingkat bawah digunakan untuk kantor para pengurus masjid sekaligus pengurus pesantren dan tingkat atas merupakan ruang utama bangunan mesjid. Sebagai tempat ibadah, mesjid ini memang didesain memiliki ruang ventilasi dan pencahayaan yang cukup baik. Sehingga membuat para jamaah dapat merasa nyaman dan tidak terlalu merasakan gerah/kepanasan ketika berada di mesjid untuk ibadah. Berikut ini  gambar yang diambil dari beberapa sudut bangunan mesjid pesantren Al Fida :

(www.berandaksara.com)
Suasana di ruangan mesjid (tempat salat laki-laki)


(www.berandaksara.com)
Suasana di ruangan mesjid (tempat salat perempuan)
Bagi kaum hawa, jangan khawatir, tempat wudhu dan toilet yang     disediakan cukup aman dan tertutup. Letaknya berada di lantai dasar. Sehingga untuk menuju ke toilet kita perlu menuruni beberapa anak tangga. Tak lupa pula tersedia fasilitas solat berupa mukena yang digantung di lemari kayu bila kita kelupaan membawa mukena.
 (www.berandaksara.com) / Tempat Wudhu dan toilet Bagi perempuan



 (www.berandaksara.com) /Mukena Bagi perempuan
Mesjid ini didirikan sebagai upaya memenuhi kebutuhan pesantren Quran yang berada di bawah naungan Yayasan Al Fida. Di mesjid ini para santri banyak melakukan aktivitas keseharian untuk mengaji, menghapal Quran dan melakukan kegiatan kajian lainnya seperti belajar tahsin dan tafsir dari para ustad dan ustadzah yang rata-rata telah hafiz Al Quran. 
Sebagai mesjid yang berada di ditengah masyarakat, mesjid ini bisa dikatakan hampir tidak sepi dengan aktivitas ibadah. Terlebih saat menjelang bulan ramadhan. Berbagai kegiatan ditawarkan oleh pihak takmir masjid kepada masyarakat umum dalam mengisi aktivitas ibadah di bulan ramadhan. Menjelang ramadhan misalnya, pihak takmir masjid telah membagi kegiatan ke dalam beberapa fase, yakni : fase pra ramadhan, ketika ramadhan dan pasca ramadhan. Fase pra ramadhan ditandai dengan kegiatan tabligh akbar, pawai ramadhan, milad pesantren Al Quran, Lomba Tahfizh Quran, dan wisuda Tahfizh Quran. 

Sedangkan pada fase ketika ramadhan, beragam aktivitas akan terselenggara sejak subuh hingga malam hari, misalnya : kegiatan subuh biasanya diisi dengan solat berjamaah disusul dengan kuliah subuh yang berisi kajian pengetahuan islam berupa tahsin serta tafsir. Pada pagi menjelang siang harinya, biasanya diisi dengan murakaz Quran maupun pengajian ibu-ibu majelis taklim yang belajari mengenai tahsin, tahfiz serta tafsir Al Quran. Menjelang berbuka ada iftor berjamaah yang terbuka untuk santri dan masyarakat umum, dilanjutkan solat magrib dan solat tarawih sebanyak 11 rakaat (8 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat witir) yang diimami oleh para ustadz yang berbeda-beda dan memiliki kompetensi dalam membaca Al Quran dengan baik dan benar. Tak lupa pula penyelenggaraan itikaf menjelang 10 hari terakhir bagi putra maupun putri dengan agenda solat Qiyamul Lail dan sahur bersama. Pihak mesjid pun mengadakan Kegiatan Bazar Ramadhan serta menerima Ziswaf ( Zakat, Infaq, Sadakah) dari para jamaah yang hendak menyalurkan hartanya.
Ketika menjelang hari raya Idul Fitri, lapangan mesjid pesantren Al Fida yang cukup luas pun seringkali dijadikan sebagai lahan untuk penyelenggaraan salat ied secara berjamaah. Sehingga, bagi para masyarakat sekitarnya tidak perlu bingung untuk mencari tempat penyelenggaraan salat ied berjamaah. 

Nah, bagi kalian yang hendak mengisi ramadhan dengan beragam aktivitas ibadah, tidak ada salahnya menyempatkan untuk beribadah di mesjid Pesantren Al Fida, Kota Bengkulu

#Blogger Bengkulu#Nulis Serempak



3 komentar

  1. Wahh ada pesantrennya juga ya mba. Pasti ramai masjidnya ya

    BalasHapus
  2. Baru tahu kalau itu masjid pesantren al Fida.. hee

    BalasHapus

Terimakasih banyak telah berkunjung ke Blog Saya
Semoga silaturahmi senantiasa terjalin (^_^)